Social Icons

Kamis, 24 Juli 2014

Cara Mudah Memperbaiki Keyboard Komputer/Laptop yang Rusak & Error

Cara Mudah Memperbaiki Keyboard Komputer/Laptop yang Rusak & Error - Sekarang komputer maupun laptop bisa dikatakan bukan barang yang langka ataupun mahal. Karena sekarang komputer ataupun laptop sudah menjadi kebutuhan yang umum digunakan untuk pekerjaan, belajar, hiburan, dll. Namun tidak sering juga gadget kita mengalami suatu kerusakan yang sebenarnya tidak kita inginkan. Sebagai contohnya kerusakan yang paling sering terjadi yaitu, keyboard yang kadang rudak, error dan bahkan sampai ada lepas/copot dari tempatnya. Keyboard merupakan bagian yang vital dan penting perannya pada laptop/komputer. Kebanyakan orang menggunakan keyboard untuk mengetik, game, dll. Adapun kerusakan yang terjadi juga bermacam-macam, tombolnya yang tidak berfungsi dan ada juga fungsinya yang berpindah seperti contohnya kita tekan huruf "C" malah menjadi huruf lain/angka dll.

Cara Mudah Memperbaiki Keyboard Komputer/Laptop yang Rusak & Error

Lalu bagaimana cara yang mudah untuk mengatasinya ? Untuk itu kali ini kami akan memberikan solusi yang tepat dan efisien yang kebanyakan bisa berhasil setelah mempraktekkannya.

1. Kesalahan Fungsi Tombol

Untuk masalah fungsi tombol seperti menekan tombol "G" menjadi "3", tombol "K" menjadi "#" dan lain-lain. lalu bagaimana cara megatasinya ? Untuk masalah ini coba Anda cari tombol "Fn" dan "NumLk" pada keyboard, tekan kedua tombol tersebut secara bersamaan dengan waktu yang agak lama dan lepas secara bersamaan pula. Jika fungsi numerik telah mati, silahkan Anda Cek kembali fungsi-fungsi keyboard anda. Jika dengan cara ini belum berhasil, ulangi langkah diatas hingga fungsi numerik mati dan keyboard bisa kembali normal.

 1. Kesalahan Fungsi Tombol


2. Tombol Keyboard yang Tidak Berfungsi

Bagaimana dengan masalah tombol yang tidak berfungsi sama sekali, ditekan-tekan tidak ada respon yang muncul di komputer. Bagaimana menanganinya ? Untuk masalah satu ini coba Anda koreksi mana saja tombol yang tidak bereaksi ketika ditekan, dan catatlah untuk mempermudah dalam memperbaikinya. Lalu untuk mengerjakannya, pertama matikan laptop dan semua tegangan/daya yang mengarah pada komputer/laptop seperti charger, usb, dr stop kontak dll. Lalu coba copot/lepas ketboard yang telah sobat catat tidak berfungsi tadi dan beri angin-angin dengan hair dryer satu persatu untuk mencoba membersihkan kotoran yang mengendap pada sela-sela keyboard. Setelah itu pasang kembali keyboard yang dilepas, lalu coba nyalakan laptop/komputer Anda. Cek apakah telah kembali normal seperti fungsinya.

 2. Tombol Keyboard yang Tidak Berfungsi

Jika dengan cara diatas tetap belum berhasil Anda bisa menggunakan alkohol sebagai bahan pembersih, caranya gunakan kapas yang dilumuri alkohol untuk membersihkan bagian dalam keyboard lalu tunggu hingga benar-benar kering agar tidak terjadi konslet. setelah kering pasang kembali keyboard. Lalu cek hasilnya. Jika belum berhasil coba Anda restart komputer.


Jika tetap ada beberapa keyboard yang tidak dapat berfungsi seperti semestinya, Anda dapat menggunakan aplikasi alternatif yang disediakan oleh microsoft yaitu On Screen Keyboard. caranya buka Start -> All Program -> Accesories -> Accesibility -> On-Screen Keyboard. meski keyboard tidak berfungsi Anda bisa menggunakan mouse untuk mengeklik huruf yang dibutuhkan pada aplikasi

3. Solusi terbaik dan Terefisien

Jika sobat tidak berani mengotak ngatik untuk memperbaiki laptop atau komputer, untuk lebih baiknya Anda membawanya ke toko servis yang Anda percayai kualitas servisnya. yang tentunya lebih aman dan tidak menanggung resiko jika dibandingkan dikerjakan sendiri ^_^.


Demikian informasi kami kali ini mengenai Cara Mudah Memperbaiki Keyboard Komputer/Laptop yang Rusak & Error , semoga dapat dipraktekan dan bisa bermanfaat untuk pembacanya. Salam sukses !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar