Social Icons

Kamis, 13 Juni 2013

Tips Mencegah Malware Masuk Ke Komputer

http://christiandwiwijaya.blogspot.com/-Apa itu Malware? Jika agan adalah seorang Master IT, pasti agan2 sudah tau pengertian dari malware, Namun apa arti malware yang sebenarnya?

 Nah pada kesempatan kali ini ane akan membahas sedikit tentang malware dengan bahasa "orang awam" atau sebisa mungkin bisa dimengerti oleh orang awam. Malware yang merupakan singkatan dari malicious software atau pada istilah sehari - hari, malware sendiri lebih dikenal dengan sebutan virus, yang merupakan sebuah program atau software yang diciptakan sedemikian rupa yang memiliki tujuan untuk menyusup dan "mengganggu" atau bahkan merusak sistem operasi pada suatu perangkat berteknologi tinggi termasuk komputer, dan bahkan smartphone.

Nah, bagaimana agar Virus Malware yang berbahaya ini tidak masuk ke komputer agan?
Berikut adalah Tips Mencegah Malware Masuk Ke Komputer

Gunakan Dan Selalu Update Antivirus
Dengan adanya antivirus yang terupdate, malware baru dapat dikenali.

Ubah Password Komputer agan
Malware mungkin sudahn tahu password agan. Sebaiknya password diubah secara berkala. Password tersebut meliputi password akun windows, password e-mail, dll.

Update Software agan Teratur
Update Software, apalagi sistem operasi, akan menutup celah keamanan. Celah yang tadinya bisa digunakan malware untuk masuk bisa ditutupi. Pada saat ini kebanyakan sistem operasi, juga peranti lunak lain, telah menyediakan fasilitas update secara otomatis. Namun kelemahan dari update adalah agan terkadang harus membayar untuk update

Install Dan Aktidkan Firewall.
Firewall bisa mencegah serangan beberapa malware yang mencoba menyerang komputer agan. Saat ini juga sudah banyaksistem operasi yang telah mengikutsertakan firewall. Aktifkan saja.

Gunakan antispyware.
Spyware merupakan turunan dari adware, yang memantau kebiasaan pengguna dalam melakukan perjalanan/penjelajahan internet dan umumnya bisa berupa virus.

Backup file.
Backup file ke media lain seperti CD, DVD atau hard disk eksternal sehingga data tak akan terganggu meskipun komputer terserang malware.


Sumber:




Sekian


SALAM Blogger

Tidak ada komentar:

Posting Komentar