Social Icons

Sabtu, 11 Mei 2013

Jenis-Jenis Kode Error Pada Internet


http://christiandwiwijaya.blogspot.com/- Coba lihat gambar di atas! Agan pernah browsing di dunia maya dan menemukan situs web error? ya pasti pernah, tapi agan tau apa arti kode Error seperti : Error 404, Error 500, Error 450?
Tiap kode memiliki arti tersendiri, berikut Jenis-Jenis Kode Error Pada Internet



Kode Error 400 - Bad Request
Kode ini artinya kode untuk Bad Request Error, browser tidak menemukan halaman yang kita cari. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai kemungkinan yaitu situs telah dihapus oleh pemiliknya, atau komputer server tidak mengenali request komputer agan, atau mungkin terjadi kesalahan pengetikan alamat URL atau website.

Kode Error 401 - Unauthorized
Kode error ini terjadi apabila kita membuka halaman yang membutuhkan akses login terlebih dahulu sebelum menuju halaman tersebut. Namun saat ini hampir semua situs yang meminta username dan password secara otomatis akan menampilkan halaman login tanpa menampilkan kode error 401

Kode Error 402
Kode error 402 menunjukkan Payment Required Error, ini jarang terjadi.

Kode Error 403 - Forbidden
Kode ini muncul apabila kita membuka sebuah alamat atau halaman yang disembunyikan oleh pemiliknya (forbidden acces), artinya kita tidak diperbolehkan untuk mengakses halaman tersebut oleh server, alamat URL tersebut sebenarnya ada namun agan dan semua orang tidak dapat mengakses link tersebut.

Kode Error 404 - Not found
Kode ini tentunya tidak asing lagi ketika mengunjungi sebuah website, Error ini muncul bila halaman atau page yang kita tuju tidak ada. Kemungkinan halaman tersebut telah dihapus oleh pemiliknya atau server sedang mengalami gangguan. Halaman ini dapat kembali diakses bila pemilik memunculkan kembali halaman tersebut.

Kode Error 405 - Method not allowed
Kode ini muncul jika permintaan / request menggunakan metode yang tidak didukung oleh komputer server.

Kode Error 408 - Request timeout
Request Time Out bisa terjadi jika koneksi jaringan internet lambat, sehingga  server memutus request terhadap alamat yang dituju karena waktunya terlalu lama. Untuk mengatasinya re-fresh halaman tersebut, jika masih sama berarti jaringan provider yang sedang digunakan tidak bagus atau sedang mengalami gangguan.

Kode Error 409 - Conflict
Pesan error ini muncul ketika kita sedang mengakses sebuah situs, namun pada saat yang bersamaan pemilik situs sedang mengedit halaman yang ingin kita akses sehingga terjadi konflik, dan tidak dapat diproses oleh komputer server maupun komputer client.

Kode Error 410 - Gone
Pesan kesalahan ini berarti halaman yang diminta sudah dihapus secara permanen, atau domain website tersebut sudah expired. Namun dalam banyak kasus, browser tetap akan menampilkan kode error “404 Not Found”.

Kode Error 413 - Request Entity Too Large
Jika kita menemukan kode kesalahan seperti ini,  artinya jumlah data yang ingin kita akses terlalu besar dan komputer server tidak bisa menampung besarnya data yang kita minta.

Kode Error 414 - Request-URI Too Long
Kode error ini berarti URL yang ingin dituju terlalu panjang dan server tak mampu memprosesnya. Saat ini, mungkin kode ini sudah tidak akan ditemui lagi, karena teknologi server telah jauh lebih maju.

Kode Error 415 - Unsupported Media Type
Error ini akan muncul jika kita menggunakan jenis media yang tidak didukung/diizinkan oleh server. Misalnya kita mengunggah file gambar dengan format .PNG, namun server hanya mengizinkan format .JPG atau .GIF. Umumnya server tidak akan menampilkan status ini pada browser kita saat kondisi tersebut terjadi, melainkan hanya menampilkan pemberitahuan bahwa file gambar yang kita unggah tersebut tidak sesuai.

Kode Error 420 - Enhance Your Calm
Status error ini digunakan kembali oleh Twitter, tepatnya pada Twitter Search and Trends API, untuk memberitahukan bahwa akses kita terbatas/dibatasi. Umumnya layanan lain akan menampilkan status “429 Too Many Request”.

Kode Error 426 - Upgrade Required (RFC 2817)
Klien diminta untuk menggunakan protocol yang lebih baru.

Kode Error 429 - Too Many Requests (RFC 6585)
Menandakan bahwa user telah mengirimkan terlalu banyak request dalam jangka waktu tertentu. Umumnya server akan memblokir IP yang mengirimkan terlalu banyak request pada waktu tertentu.

Kode Error 450 - Blocked by Windows Parental Controls (Microsoft)
Artinya akses kepada website tersebut telah diblokir oleh sistem keamanan yang ada pada Windows Parental Control Windows parental Control berguna untuk memblokir situs-situs yang berbau pornografi.

Kode Error 451 - Unavailable For Legal Reasons (Internet draft)
Status ini memberitahukan bahwa akses ditolak karena alasan resmi/legal.Umumnya jika suatu akses pada sebuah situs website atau pada blog telah diblok oleh pihak sensor atau pemerintah, yang memiliki wewenang untuk melakukan hal tersebut. Contohnya adalah pada situs Megaupload yang telah ditutup oleh FBI karena mengandung konten yang ilegal

Kode Error 500 - Internal Server Error
Pesan error di atas diartikan sebagai adanya masalah atau kesalahan dalam server internal situs sehingga kita tidak bisa mengakses situs yang bersangkutan, selama administrator situs belum memperbaiki pesan kesalahan tersebut.


Semoga Bermanfaat


Sekian



SALAM Blogger

Tidak ada komentar:

Posting Komentar