Social Icons

Jumat, 05 April 2013

Komponen Yang Harus Diperhatikan Ketika Akan Membeli Laptop

http://christiandwiwijaya.blogspot.com/-Jika agan 2ingin mendapatkan Laptop yang tepat dan cocok, Maka Yang pertama untuk dijawab adalah untuk keperluan apa agan2 membeli laptop? hanya untuk mengetik, untu mendengar musik, untuk programming, apa untuk main game dan disain grafik? Tentunya sayang jika membeli laptop dengan spek yg tinggi kalau hanya di operasikan untuk mengetik, mendengar musik, atau hanya untuk menonton film. Dan tidak bisa menggunakan software berspesifikasi tinggi. Padahal harga laptop berspesifikasi tinggi dengan biasa harganya tidak beda jauh

Berikut adalah Komponen Yang Harus Diperhatikan Ketika Akan Membeli Laptop

1. HardDisk
Pilih laptop/notebook dengan kapasitas HDD yang sesuai kebutuhan agan, Pilih HDD yang mpy kapasitas besar jika bagi agan yang memang Membutuhkan Ruang untuk menyimpan Data yang cukup Banyak.
PC mempunyai keunggulan, yaitu bisa menambah kapasitas HDD dengan cara menambahkan unit HDD Langsung, tanpa membuang/mengganti HDD yg lama, tapi berbeda dengan laptop yang harus menggantinya jika ingin upgrade ke Kapasitas HDD yang lebih besar. karena memang belum disedikan Drive bays atau Slot untuk HDD tambahan pada Laptop dan notebook. jadi pertimbangkan dengan matang tentang memilih kapasitas hard disk yang akan agan gunakan.

2. Graphic Card/Video Card


 jika keperluan untuk Design Grafis dan bermain GAME, agan2 harus memilih laptop/notebook yang mempunya Graphic card(Video card) dengan Spesikasi Tinggi, entah itu merk seperti NVIDIA maupun ATI RADEON dll. yang penting memenuhi syarat untuk menyanggupi aktifitas agan2 terkait sang GAMER ataupun Designer. satu lagi Alangkah lebih baiknya jika agan2 menggunakan jenis Graphic card yang DEDICATED bukan yang SHARE. Sebab kualitas Grpahic yang dedicated akan menghasilkan gambar yg halus dan detail. Keuntungan lain yg dedicated adalah bisa diupgrade ke kapasitas atau Spek Grahic card yg lebih tinggi. lain dengan Graphic card yang share tidak dapat diupgrade.

3. Ukuran LCD Monitor
 Tak perlu memilih layar terlalu besar jika penggunaan laptop bukan untuk disain grafis. Pertimbangkan kepraktisan ukuran layar LCD, sebab semakin besar layar laptop maka berat, yang tentunya ukuran laptop akan semakin besar pula. Maksimum (saran rekomendasi) layar yg boleh dipilih adalah 15″. Pilih layar yang sudah glossy (seperti cermin) sebab model dan tipe ini dapat melihat dan menjangkau tampilan windows dari segala sudut.


 4. Processor/CPU
 Jika agan2 mempunyai Budget(Anggaran) dana yg pas2an dan hanya butuh Mengoperasikan laptop hanya untuk mendengarkan musik, Nonton film, dan mengetik. sebaiknya agan menggunakan processor yg kecepatannya biasa biasa saja, Pentium 4, P4 Centrino cocok untuk keperluan itu. Jika menggunakan Dual Core, tentu akan mubazir kecuali memang dana agan2 berlebih.Lain halnya  Bila kebutuhannya untuk main game, apalagi Game berat dan buat keperluan desain grafik maka kecepatan processor tentu harus sangat mendukung. yang tentunya menggunakan Processor dengan spek tinggi sangat dibutuhkan pada Aktifitas ini.


5. Operating System
 Tentunya pertimbangan membeli laptop yang langsung built in OS (operating sistemnya sudah terinstal) sangat disarankan, karena kalau beli secara terpisah akan lebih mahal. Jika keperluan hanya untuk mengetik dan mendengarkan musik (jika Windows) cukup dengan Windows XP Home Edition atau Vista Home. Tapi jika keperluannya untuk bisnis, para desainer lebih disarankan menggunakan Windows XP Professional. Seperti Laptop/Notebook buatan Apple Macintosh yang memang sangat disarankan untuk para desainer Beneran.


6. RAM/Random Acces Memory
 Berhubung Memory atau RAM sangat menunjang terhadap kecepatan akses sebuah laptop maupun PC maka perlu juga diperhatikan. Pilih laptop yg mempunyai RAM yg tinggi jika Laptop agan beri tugas untuk bekerja ekstrim setiap hari, seperti mendesain dan bermain Game, apalagi non-stop. Untuk saat ini mayoritas sebuah laptop/notebook memiliki RAM 2 GB, tapi kapasitas 1GB kebawah juga masih ada yang meggunakan.
Satu lagi yang perlu diperhatikan adalah slot (tempat RAM ditancapkan). Pilihlah laptop yg mempunyai slot memory yg lebih dari satu, karena jika yang tersedia hanya satu slot, maka ketika agan mau menambahkan kapasitas berupa Unit RAM lagi, maka tidak akan membuang RAM yg sebelumnya. lain halnya jika masih ada slot lain yang kosong maka kita tinggal menambahkannya saja.


7. Baterai
Pertimbangkan jumlah cell baterai yang akan kita beli sebab semakin banyak jumlah cell baterai maka akan semakin lama baterai memberi konsumsi daya kepada laptop kita.




Mungkin agan2 kesulitan mengetahui bagian bagian tersebut, tapi agan bisa gunakan sebuah software berisi simulasi merakit komputer, DOWNLOAD SOFTWARE SIMULASI MERAKIT KOMPUTER/LAPTOP

Semoga bermanfaat




Sekian


SALAM Blogger

Tidak ada komentar:

Posting Komentar